Kamis, 09 September 2021

Kenali Tanda-tanda Mobil anda perlu di Spooring dan Balancing


Halo Sobat Honda, Kadang-kadang sering kali kita merasakan saat perjalanan setir mobil anda terasa getar, setir agak berbelok sendiri padahal saat sedang melaju, saat berbelok stir tidak mau balik sendiri, dan lainnya. Maka dari itu sobat mari kita simak beberapa tanda-tanda mobil anda perlu di Spooring dan Balancing.

Spooring dan Balancing merupakan bagian dari service rutin yang harus sering kali diperhatikan. Tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan pada saat melaju mobil tetap lurus. jika laju dirasa mulai berubah (agak berbelok). mungkin ini menjadi tanda-tanda terhadap mobil anda untuk dilakukan Spooring dan Balancing.

Spooring adalah proses pada mobil untuk meluruskan kembali roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan awal pabrik. biasanya spooring dilakukan pada roda depan agar kembali seperti semula.

Balancing adalah penyesuaian atau keseimbangan pada pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing.

Tanda-tanda mobil perlu melakukan spooring dan balancing yaitu sebagai berikut.

1. Setir bergetar pada kecepatan tertentu, karena roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi.

-   Jika Sobat Honda mengalami Setir bergetar, disebabkan adanya gangguan pada kaki mobil bisa menyebabkan setir bergetar sendiri. Kondisi itu terjadi ketika mobil sedang melaju di kecepatan tertentu, biasanya di atas 60km/jam. Jika Anda mengalami kondisi setir bergetar, segera periksakan kaki-kaki mobil Anda dan lakukan Spooring dan Balancing jika diperlukan. Ingat! Selalu pastikan keamanan berkendara Anda. Salah satunya dengan cara menjaga kualitas kaki mobil.

2. Saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan. Ini juga menjadi gejala tersebut.

-    Jika saat pengendalian setir dibelokkan dan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan, maka itu berarti tanda stir harus dilakukan spooring dan balancing untuk menjaga kenyamanan sobat honda dalam berkendara


3. Gejala lainnya, jika mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring, ini tandanya mobil sudah cukup parah dengan keseimbangan.

-    Jika Sobat Honda mulai merasakan gejala mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring, Maka sobat Honda perlu ke bengkel untuk melakukan pengecekan karna jika dibiarkan akan berbahaya bagi Sobat Honda dalam melakukan perjalanan.


4. Permukaan ban sudah tidak rata atau aus, bisa di salah satu atau keduanya.

-    Jika ban mobil Sobat Honda mulai aus di salah satu sisi, itu tandanya Sobat Honda perlu melakukan perawatan Spooring. Kondisi ban yang aus di salah satu sisi bisa jadi disebabkan oleh gangguan pada kelurusan ban mobil sehingga salah satu bagian bergesekkan lebih banyak dengan jalan. Hal ini bisa berbahaya bagi keselamatan Anda, jadi, jangan lupa untuk rajin memeriksa kondisi fisik ban mobil ya Sobat Honda! Karena komponen kaki-kaki mobil bukan urusan sepele lho.

Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  

Proses Spooring dan balancing dianjurkan secara berkala minimal 10ribu km untuk menjaga kenyamanan sobat dalam berkendara. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Honda, Stay Safe and Healthy!

Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing  Spooring dan balancing