Jumat, 03 September 2021

TIPS MERAWAT AKI ANDA UNTUK NYAMAN BERKENDARA

 


Halo sobat Honda, aki adalah bagian terpenting dalam kenyamanan berkendara karena berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke bagian yang lain seperti starter, lampu, audio dan lainnya.


Berikut 5 Tips untuk merawat Aki anda semoga bermanfaat:


1. PERHATIKAN BEBAN PENGGUNAAN AKI


Tips pertama untuk dalan merawat aki anda adalah drngan cara pengecekan dan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara berkala guna untuk menjaga kondisi aki dan mengetahui permasalahan yang ada. Pengecekan juga bisa dilakukan di dealer resmi Honda di setiap kota Anda.


2. BERSIHKAN AKI SECARA BERKALA


Tips kedua untuk merawat aki anda adalah dengan cara membersihkan aki secara berkala, dalam salah satu bagian perlu diperhatikan adalah bagian terminal aki karena sering kali bagian terminal aki ini tertutup oleh debu atau kerak yang berlebih yang menutupi fungsi dalam kelancaran penyaluran daya ke aki. Cara membersihkan aki anda ysng tertutup debu atau kerak yang berlebih dengan cara mengambil sikat kawat atau sikat plastik dan menggosoknya secara perlahan.


3. PANASKAN MOBIL SECARA BERKALA


Tips ketiga untuk merawat aki mobil anda yaitu jika anda sering pergi keluar kota atau jarang memakai kendaraan mobil anda, sebaiknya menyalakan/memanaskan mesin mobil anda setiap harinya untuk menjaga kesehatan aki anda, karna jika mobil anda tidak pernah dinyalakan atau jarang anda gunakan akan memberikan dampak kepada aki anda. Aki anda akan lebih cepat soak, maka dari itu biasakan untuk memanaskan mesin mobil anda setidaknya 5 sampai 10 menit setiap harinya.


4. PASTIKAN KETERSEDIAAN LISTRIK DI DALAM AKI


Tips keEmpat dalam merawat aki anda adalah pastikan ketersediaan listrik didalam aki. Jika dalam penggunaan kendaraan anda merasa mobil anda mulai silit untuk dinyalakan atau lampu yang mulai mati dan nyala, kemungkinan cadangan listrik dalam aki and sudah mulai menipis. Maka dari itu lakukan pengecekan dan isi ulang cadangan listrik mobil anda


5. LEPAS KABEL AKI SAAT MOBIL TIDAK DIGUNAKAN


Tips kelima dalam merawat aki anda adalah dengan cara melepas kabel aki saat tidak digunakan. Apakah anda orang yang sering keluar kota atau jarang berada dirumah dan mobil anda jarang dipakai lakukan hal ini yaitu melepaskan kabel aki anda untuk menjaga performa aki anda, dengan cara melepas terminal penghubung aki anda, hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus yang mengakibatkan aki dan cepat soak. Maka dari itu jangan lupa untuk melepas terminal penghubung aki anda untuk menjaga kesehatan aki anda.




Nah, Untuk itu Sobat Honda, jangan ragu untuk segera mengubungi Honda IKM Ciledug atau ke bengkel resmi Honda lainnya. apabila ada masalah yang membuat Sobat Honda tidak nyaman dalam mengendarai Mobil Honda nya. Semoga bermanfaat.